Cheese cream Brownie





Minggu ini sengaja off dulu dari tempat kerja, selain persiapan untuk lanjutan kuliah juga persiapan packing untuk pindahan pertengahan bulan depan. Duh...ternyata lumayan bikin stress ya packing pindahan. Saking stresnya, hari pertama packing, seharian hanya bisa packing satu kardus saja :P
Gak berani saya membayangkan bagaimana stres-nya saat harus membongkar dan menata semua barang pada tempatnya saat dirumah baru nanti. Refotnya jadi dobel, disaat saya harus mempersiapkan diri untuk persiapan kuliah yang dimulai senin ini, tugas sudah mulai menanti sejak minggu ini, membaca habis satu literatur untuk persiapan awal dan seminar pertama..duhhh...mumet tenan endaseee...:P

Kebayang nanti, saat saya hanya ada waktu sabtu minggu untuk bongkar-bongkar dan menata semua barang. Itupun kadang sabtu minggu saya habiskan untuk mengerjakan tugas yang bejibun. Entahlah...liat aja nanti (pesan suami :D). Lhoo..saya malah curcol...hihihi :D

Ceritanya kemarin setelah berhasil packing peralatan perang didapur, dapet 4 kardus..mayan capek. Saya putuskan untuk refreshing bentar. Baking merupakan salah satu cara saya refreshing :D.
Dikulkas kebetulan ada stok satu paket cream cheese, sedangkan bahan lainnya semua ada, jadi gak perlu keluar belanja lagi. Keputusan bulat bikin BROWNIES!! yes!

Sumber resep saya adaptasi dari sini dan seperti biasa resep asli saya obrak abrik sesuai dengan term and condition di dapur dan keluarga kami :) khususnya pemakaian gula yang saya kurangi sampai setengahnya lebih. Resep asli menggunakan 2 paket cream cheese, jadi resep adonana cream cheese saya pake setengah resep.

Bahan

Adonan coklat
1 cup mentega tawar (lk. 225 gr)
1 3/4 cup gula (resep asli pake 2 1/4 cup)
1 1/4 cup coklat bubuk (cocoa)
1 sdt garam
1 sdt baking powder
1 sdt vanili bubuk
 1 bungkus kopi instans
4 butir telur (suhu ruang)
1 cup tepung multi purpose
2 cup coklat chips (optional dan saya skip, karena gak ada stock di dapur)

Adonan cream cheese
1 paket cream cheese (reset assail make dua paket)
80 gr gula pasir (silahkan ditambah jika ingin lebih manis)
1/4 cup tepung terigu
1 sdt vanili bubuk
1/8 cup whipped cream (suhu ruang)
1 butir telur


Cara Membuat

1. Panaskan oven pada suhu 175 C dan atur rak pada bagian tengah.

Adonan coklat:
2. Ayak colat bubuk bersama garam, baking powder, kopi bubuk, vanili bubuk. Sisihkan.
3. Panaskan mentega sampai meleleh menggunakan api sedang. Masukkan gula pasir ke mentega
    leleh dan aduk sampai gula larut. Angkat dan dinginkan sebentar (lk. 5 menit).
3. Jika sudah agak dingin, campur mentega leleh dengan ayakan coklat bubuk, aduk menggunakan
    kocokan manual atau spatulasampai betul-betul tercampur rata.
4. Masukkan tepung, aduk rata.
5. Masukkan telur dan aduk rata.
6. Tuang 3/4 adonan kedalam loyang yang telah dioles mentega tipis.

Adnan cream cheese:
6. Kocok cream cheese sampai halus menggunakan spatula at cocoon manual.
7. Masukkan semua bahan adonan cream cheese, aduk sampai betul-betul rata.
8. Tuang adonan keatas adonan coklat.
9. Tuang sisa adonan coklat ke atas adonan putih, dengan bantuan tusuk sate atau
    gagang garpu bentuk motif marble, etc.
10. Panggang lk. 35-45 menit (cek adonan menggunakan tusuk gigi, jika tusuk gigi keluar dalam
      keadaan kering maka brownis sudah matang.  Saya suka brownies dalam keadaan agak basah,
      maka ketika dicek, tusuk gigi agak lembab/basah, maka brownies saya ambil dari oven (lk. 45
      menitan).











Comments

Popular Posts