Terong masak kuning (Kari Terong)





Terong ini salah satu kesukaan saya dan suami. sejak kecil ibu saya juga sering menyajikan menu ini, biasanya dimasak kuning dengan kuah santan kental dan tambahan teri medan...sedap. Sampe sekarang saya masih teringat dengan rasanya. 

Sekarang saya mencoba menyajikan menu masa kecil tersebut didapur saya, tapi tentu dengan improvisasi sedikit, selain untuk mendapatkan rasa yang lebih sedap, juga untuk menyesuaikan dengan selera suami yang asal dari negeri dengan bumbu super wangi. 

Ibu saya biasanya memasak terong bumbu kuning atau kari terong dengan bumbu standar, tapi saya tambahin sedikit kayu manis dan cengkeh, agar ada sedikit aroma wangi dan untuk penyedapnya saya kasih udang kering atau ebi, karena saya tak punya stok ikan teri medan. Kalau punya sebetulnya sedap banget ditambah ikan teri medan. Bisa juga ditambah irisan cabe hijau dan cabe merah besar untuk pemanis saat disajikan, tapi ini saya skip karena gak punya. Juga bisa ditambah daun kari/daun koja, ini juga saya skip karena gak punya. Banyak banget yang diskip yak ? :p

Resep ini mengandalkan ingatan masakan ibu saya dan feeling saja. ALhamdulillah suami saya bilang yummy. Kalau saya tentu dimakan dengan nasi panas mengepul lebih sedap, tapi suami saya teteup dimakan dengan roti chapati/Naan/Tortilla. Krucils? sayangnya mereka gak doyan terong :D


Bahan

3 buah terong ungu (belah 2, karena saya punya gede-gede banget)
2 butir cengkeh
3 cm kayu manis
Cabe merah dan cabe hijau (buang biji dan iris serong atau memanjang)---optional (saya gak pake)
1 buah tomat (iris menjadi 4 bagian)
Daun kari/daun koja (optional)
Garam
Gula 
Minyak goreng untuk menumis)
300- 400 ml santan


Bumbu Halus
3 butir kemiri (sangrai sampai wangi)
6 butir bawang merah
3 siung bawnag putih
2 sdt cabe bubuk (atau cabe biasa)
2 cm kunyit (bakar agar tidak langu)
2 cm jahe
1/2 sdt jintan bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt ketumbar (sangrai)
1 sdm ebi/udang kering (rendam air panas dulu sebelum ditumbuk bersama bumbu lainnya)


Cara Membuat

1. Tumis bumbu halus sampai wangi.
2. Masukkan kayu manis dan cengkeh, aduk rata.
3. Masukkan terong, masak sampai layu
4. Masukkan santan. Didihkan.
5. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan tutup wajan/panci.
6. Masak sampai terong matang dan santan sudah mengental dan agak menyusut.
7. Masukkan garam, gula, daun koja dan irisan cabe. Aduk rata.
8. Angkat dan sajikan hangat.




Comments

Popular Posts