Ketan Srikaya



Kangen makan makanan khas wong kito galo : ketan gurih yang dimakan dengan dicocol srikayo manis gurih nan lezat. Kalau di Palembang, umumnya srikayo dikukus menggunakan cetakan porselin kecil-kecil, lalu ketan dimasak terpisah, nah ketika mau dimakan baru dech disandingkan. Tapi ketan srikaya edisi praktis juga ada, yaitu dimasak berlapis begitu, seperti yang saya buat diblog ini.

Ketika bikin ini, saya sajikan ke krucils dan temannya (swedish), saya tanyain dulu dia mau nyobain ato gak? si gadis kecil mengangguk. Lalu dia nyoba seiris dulu, saya tunggu reaksinya. Ternyata dia minta lagi, 3 iris sekaligus! hahaha....dia bilang 'Det är jättegott!' kira-kira artinya 'Enak sekali!'. Ujung-ujungnya besoknya ketika main ke rumah dia tanya 'Mamma kamu masak kue yang kemarin gak?' hihihi....ketagihan ceritanya :D.

Tapi Tasha ceritanya lain lagi, dia hanya suka makan srikayanya saja, ketannya dia sisihkan. Ketika masih tersisah 5 iris dan saya simpan di wadah tupperware begitu buat dimakan saat ngeteh nanti, ketika dibuka yang tersisa hanya ketannya doang, srikaya bagian atasnya udah dicokotin semua sama Tasha...yaaaaaaa ..hahaha. 

Sumber resep : disini

Oh ya, umunya orang memasak ketan dengan cara direndam dulu, lalu dikukus setengah matang, siram santan, lalu kukus lagi. Akh ribet! Saya masak ketannya langsung aja, dikasih santan, pandan, sedikit garam. Lalu masak menggunakan rice cooker. Tips : santannya saya tambah sedikit, biar ketan nanti agak lembek. Hasilnya bagus kok, apa mungkin jenis ketannya ya ? saya menggunakan beras ketan asal Vietnam, empuk dan wangi.

Bahan

Lapisan Ketan
500 gr beras ketan
350 lt santan
1/4 sdt garam halus
2 lembar daun pandan (ikat simpul)

Lapisan Srikaya
5 butir telur
5 sdm tepung terigu
Pasta pandan secukupnya
1/4 sdt Garam
200 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ketan ke rice cooker, masak sampai matang. 
2. Olesi cetakan dengan sedikit minyak goreng, lalu alasi dengan baking paper,
    olesi lagi baking paper dengan sedikit minyak goreng.
3. Masukkan ketan yang baru saja masak (panas) ke cetakan sembari ditekan-tekan sampai rata.
4. Sisihkan.
5. Campur telur, gula pasir dan santan, aduk/kocok sampai gula larut.
6. Lalu masukkan sisa bahan lainnya, aduk rata. Gunakan takaran pasta pandan sesuai warna
    yang diinginkan.
7. Tuang adonan srikaya keatas lapisan ketan.
8. Kukus menggunakan kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu (lk.20 menit).
9. Ketika sudha matang, angkat dan dinginkan.
10. Keluarkan dari cetakan dan iris-iris.
11. Sajikan.






Comments

Popular Posts