Roti Sobek/Roti Manis (Asian Style)





Meski disini ada beragam macam roti dengan berbagai macam tekstur, bentuk dan rasa serta tinggal pilih saja karena semua sudah tersedia di setiap toko roti maupun grocery stores disetiap sudut kota. Tapi hari ini saya pengen banget makan roti ala Indonesia atau ala orang asia secara umum. Tekstur rotinya lembut dan manis. Bisa pake filling atau isian berbagai jenis suka-suka, bisa juga tidak pake isian. Kalau saya biasanya suka dicocol teh panas, atau dioles selai nanas. 

Sayangnya saya kehabisan stok selai nanas yang baiasanya saya buat sendiri dan disimpan. Mau bikin kok rasanya malas keluar dan belanja karena cuaca sudah mulai dingin diluar sana. Tapi semua bahan untuk bikin roti sudah tersedia di dapur saya. Tinggal memulai sesi goyang dombret saja. 

Bagian paling berat bikin roti menurut saya sich bagian nguleni adonan sampai kalis, berhubung saya tidak punya kitchen asistent, jadinya nguleni adonan manual pake tangan, yaaa hitung-hitung sekalian latihan otot bisep. Mayan lho..saya nguleninya sampai 30 menitan...:D

Tapi hasilnya sungguh roti yang lembut dan menul-menul...enak. Saya bikin di dua cetakan, satu cetakan pake cetakan loaf dan staunya pake springform. Loyang loaf saya isi dengan gula kelapa..manis dan yang springform tidak pake isian. Makannya dioles pake lemon curd saja..plus teh hijau panas.

Sayangnya anak-anak tidak suka roti ini, jadinya hanya saya yang menikmati. Kalo bapaknya anak-anak sich gak pernah menolak makanan enak hehe.....

Mari kita lihat bagaimana roti sobek ala orang asia.

Oh ya, saat mendiamkan adonan saya praktekkan tips dari blog resep asli : saya panaskan oven pada suhu tertinggi sekitar 5 menit, lalu saya matikan dan tutup kembali oven. Nah taruh adonan didalam oven. Hasilnya wow....adonan mengembang dengan cepat sampai 1,5 kali! Tips jitu nih kalo bikin roti disaat musim dingin.

Link resep ada dibawah tapi sudah saya modifikasi menyesuaikan sikon didapur.

Sumber resep : TheWokofLife 

Bahan
2/3 cup whipped cream (krim), hangat atau suhu ruang
1 cup susu, hangat atau suhu ruang
2 butir telur uk. sedang atau 1 butir telur ukuran besar (suhu ruang)
1/3 cup gula pasir
1/2 cup tepung protein rendah
3 1/2 cup tepung protein tinggi
1 sdm instant yeast (ragi instant)
1 sdt garam halus

Olesan 
1 butir telur + 1 sdt sirup gula (2 sdt gula pasir dilarutkan dg 1 sdt air panas) : kocok rata.

Cara Membuat

1. Dimangkok campur semua bahan dan uleni sampai benar-benar kalis. Adonan lembut dan elastis.



2. Jika sudah, tutup dengan serbet lembab dan diamkan sampai volume adonan menjadi dua kali lipat.



3. Ambil adonan, kempeskan dan uleni sebentar (utk menghilangkan gelembung udara)
4. Bagi adonan sesuai dengan loyang yang akan dipakai. Saya pakai dua loyang, loyang loaf dan
    springform yang sudah diolesi mentega tipis. Bentuk dan beri bahan isian sesuai selera.



5. Diamkan kembali sampai adonan mengembang menjadi dua kali lipat.



6. Panaskan oven pada suhu 175 C.
7. Jika adonan sudah siap, olesi permukaan roti dengan bahan olesan.



8. Panggang sampai matang lk. 20-25 menit.
9. Angkat dan sajikan.



Comments

Popular Posts