Portugese custard tart





Sebetulnya saya gak punya waktu sama sekali buat baking, karena bulan ini penuh dengan target kursus bahasa yang harus saya selesaikan secepatnya untuk mengejar kenaikan level pertengahan bulan Oktober ini. Masak buat dinner saja betul-betul apa adanya...kasihan anak-anak n misoa :D. Beruntung saya, suami saya bukan tipe yang cerewet soal makan, apa saja makanan masuk asalkan halal dan bisa dimakan hehe......

Tapi kali ini agak spesial karena perayaan ultah sekolah anak saya Tasha, ortu diundang dan kudu bawa sajian buat pesta nanti. Membayangkan menu2 asal negeri para ortu saja sudah bikin ngiler. Makanya saya putuskan pulang cepat dan masak yang kira2 banyak yang suka dan tentu sesimpel dan sesingkat mungkin memasaknya. Saya ahanya punya waktu 4 jam saja untuk memasak menu berat dan dessertnya. 

Saya sudah ngarang mau masak gado-gado karena sering banget ditanyain sama seorang ibu temannya anak saya. Lalu ayam tikka masala, dan dessertnya saya putuskan bikin custard tart saja. Puff pastrynya saya beli jadi saja ditoko halal dekat rumah...tinggal bikin isiannya saja.

Egg tart atau ada juga yang menyebutnya dengan custard tart atau kalo orang Indonesia biasa menyebutnya pie susu. Custard tart yang terkenal itu ada dua, portugis custard tart dan hongkong egg tart. Saya pengen nyobain portugis custard tart sajalah...katanya sich bedanya hanya di saat memanggang. Nantilah saya cobain juga Hongkong egg tart, tentu denga pastry bikinan sendiri......biar lebih mantep. 

Sumber resep : Disini


Bahan
1 butir telur utuh ukuran L (besar)
1 butir kuning telur uk. L
1 lembar puff pastry (beli jadi)
120 gr gula pasir 
2 sdm tepung maizena
1 1/2 sdt vanili bubuk
400 ml susu cair tawar

Cara Membuat
1. Panaskan oven pada suhu 200 C.
2. Siapkan loyang muffin atau cetakan pie aluminium foil (siap beli), saya pake yang ini.
    Tidak saya olesi mentega.
3. Aduk telur, tepung maizena dan gula dipanci sampai rata.


4. Masukkan susu sedikit demi sediikti sembari diaduk agar rata.
5. Panaskan menggunakan api sedang, sembari terus diaduk.


6. Ketika adonan mengental dan hampir mendidih, angkat.
7. Masukkan vanili bubuk, aduk cepat dan rata.
8. Pindahkan custard ke mangkok tahan panas, tutup bagian atasnya dengan plastik foil 
   (untuk mencegah custard berkulit pada bagian atasnya. Dinginkan pada suhu ruang.
9. Sementara itu kita menyiapkan pastrynya (kulit).


10. Ambil lembaran kulit pastry. Potong dengan cookie cutter bulat dengan diameter
     disesuaikan dengan diameter loyang aluminium atau loyang muffin (jika pake loyang muffin).



11. Masukkan kulit pastry yang sudah dicetak bulat ke cetakan, tekan sedikit dibagian tengahnya.
12. Ambil 1-2 sdm custard, isikan dibagian tengah (pengisian jangan terlalu penuh,
      max. 3/4 nya saja).


13. Lakukan untuk semua kulit pastry yang ada.
14. Panggang lk. 25 menit atau sampai bagian permukaan tart kecoklatan.
15. Pindahkan ke rak pendingin.
16. Sajikan hangat atau dingin.

Comments

Popular Posts