Crepe



Weekend mesti menyajikan sesuatu yang berbeda dari menu keseharian, sedikit istimewa dan menarik minat anak-anak khususnya. Ada banyak pilihan, hanya anak saya suka pancake, crepe ini mirip dengan pancake hanya dibikin tipis dan digulung atau dilipat. Bisa juga diolesi nutella, selai, atau diisi buah-buahn seperti irisan pisang, strawberry, blueberry, dsb. Bisa juga ditambah krim keju atau krim kocok, ada banyaklah cara berkreasi dengan crepe.

Ini resep crepe yang lain yang ada di blog saya : Crepe isi pisang coklat

Selain ditemani buah atau krim yang manis, crepe bisa juga dimakan dengan menu asin, pedas, dll. Seperti halnya orang Swedia sini, crepe biasanya dimakan dengan lingon sylt atau lauk lainnya. 

Bicara tentang crepe, saya jadi ingat saat hamil Keisha dulu, terutama tri semester pertama, saya gak bisa makan samasekali, jangankan mau makan, mencium bau makanan saja saya sudah langsung muntah-muntah hebat. Tanpa sengaja pada suatu hari ketika belanja, nemu crepe siap santap satu paket...saya coba beli dengan fikiran kali-kali aja saya gak muntah habis makanan crepe ini. Alhamdulillah ternyata saya suka dan gak muntah. Jadilah sejak saat itu makanan saya crepe, plus lauk hasil olahan suami tercinta. Selama 4 bulan pertama, makanan saya cuman crepe dan buah-buahan. Ajaibnya ternyata si bayi Keisha sekarang sudah 6 tahun sangat doyan pancake, crepe dan sejenisnya..style mana saja :D. Gak pernah bosan dia minta dibuatkan makanan ini.

Ah jadi kemana-mana ini omongan saya..hihi :D

Mari kita mulai bikin crepe. Resep ini sangat simpel, takaran telurnya saya kurangi :D.

Sumber resep : Martha Stewart

Bahan
1 cup tepung
1 1/2 cup susu cair tawar
1/4 sdt garam halus
1 sdm gula pasir
3 butir telur
3 sdm mentega leleh

Pelengkap : Strawberry saus, strawberry segar, krim keju, gula halus, dll. 

Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke blender, nyalakan sampai semua bahan tercampur rata.
2. Panaskan wajan crepe menggunakan api sedang.
3. Masukkan adonan lk. 1/2 dl, ratakan.
4. Ketika permukaan crepe sudah kering, artinya sudah matang, biarkan untuk lk. setengah menit 
    (sampai sedikit ada guratan kecoklatan)
5. Angkat.
6. Optional : olesi dengan nutella atau selai lalu gulung.
7. Lakukan sampai adonan habis.
8. Sajikan dengan buah segar atau bahan pelengkap lainnya.

Comments

Popular Posts