Ayam Goreng Krispy




Kangen makan di resto fast food KFC, ayam gorengnya yang kriuk-kriuk dicocol sambal pedas..hmmm.

Apa daya disini gak ada KFC, maklum tinggal di ndesa hehe....akhirnya jadilah goyang dombret di dapur hari ini dengan menu ayam goreng krispy. Mau dikasih nama ayam goreng KFC kok kayaknya kurang kreatip :D.

Saya sukaaa banget dengan kulit garingnya yang kriuk-kriukk, tapii eeeehhh anak-anak kok malah ditetelin kriuk-kriuknya oaalalahhhhh leee...kepiye tho ? :p

Resep ayam goreng krispy kali ini modifikasi dari resep NCC dengan sedikit modifikasi suka-suka. Airnya saya hanya pakein diiikiiiit aja, lalu tepung tapiokanya saya bikin dobel biar agak mantep krispynya. Chicken powder saya skip, ganti dengan sedikit gula atau madu.

Sumber : disini



Bahan
500 gr ayam (saya pake paha)
Minyak goreng (banyak utk goreng rendam)

Bumbu perendam 
1 sdm air jeruk lemon/nipis
1 sdt garam
1/2 sdt gula (optional)
1/2 sdt merica bubuk

Bumbu pelapis
300 gr tepung terigu
2 sdm tepung tapioka
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt pala bubuk

Cairan pencelup
1 butir putih telur
100 ml air matang
sejumput garam

Cara Membuat
1. Aduk semua bumbu perendam + ayam, diamkan dikulkas min. 15 menit - 1 jam atau 
    semalaman kalo mau bumbunya benar2 meresap. 
2. Sebelum digoreng sebaiknya ayam didiamkan dulu sampai mencapai suhu ruang.
3. Aduk semua bumbu pelapis.
4. Kocok putih telur sampai cair, tambahkan air dan garam, aduk rata.
5. Panaskan minyak goreng banyak (deep frying) menggunakan api sedang/rendah
    (saya pake level 4).
6. Celupkan ayam kedalam tepung (tipis saja), lalu celupkan ke cairan pencelup 
    dan terakhir cempungkan kedalam bumbu pelapis. 
7. Goreng dalam minyak yang sudah panas menggunakan api sedang/rendah. 
    Goreng sampai coklat keemasan.
8. Angkat dan gulingkan diatas tissue dapur.
9. Sajikan hangat.


Comments

Popular Posts