Wonton Soup


Sop yang enak dan segar dengan rasa fresh jahe yangs egar, bikin badan hangat :)

Sayangnya kulit wonton yang saya pake agak keras dibagian tepinya, apa mungkin karena saya diamkan disuhu ruang (setelah dikeluarkan dari freezer) agak lama tanpa dibungkus serbet lembab? Sehingga bentuk wonton saya kurang cantik dan kurang lemes. Tapi ketika sudah dimasak tetep enak dan lembut. Buat catatan anda nanti ya ? 


Resep asli menggunakan pork, tapi saya menggunakan daging ayam cincang. Bisa juga menggunakan daging sapi cincang. Cukup banyak variasi isiannya, silahkan berkreasi :)

Sayuran juga silahkan menyesuaikan dengan selera karena anak-anak saya suka wortel dan kembang kol, makanya saya hanya pake dua sayuran itu. Atau bisa juga sayurannya diskip.

Pemakaian garam juga harus berhati-hati karena baik diadonan isian maupun kuah sudah menggunakan kecap asin, saya hanya menggunakan sejumput saja..diiikiiit banget.

Oh ya, air kaldu ayam yang saya pake berwarna agak gelap karena ketika membuat kaldu saya tidak mengupas kulit bawang bombay, hanya saya kupas kulit terluar lalu saya cuci bersih. Jika ingin air kaldu yang berwarna bening agak kekuningan, kupas kulit bawang bombay.

Sumber resep Manila Spoon 

 

Bahan
200 gram daging ayam cincang
1 sdt jahe parut
1 batang daun bawang (iris tipis)
1 sdt merica bubuk
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 butir telur
1/2 sdt kecap ikan
2 liter kaldu ayam 
10-15 buah kulit wonton (siap beli)
1 sdt gula
Garam

Sayuran (saya menggunakan kembang kol dan wortel, karena anak-anak suka sayuran ini)
Irisan daun bawang/kucai (untuk garnish)

Cara Membuat
1. Campur daging cincang dengan saus tiram, kecap asin, sedikit garam, merica, daun bawang, gula, telur dan jahe parut. Aduk rata menggunakan tangan biar benar-benar tercampur rata.
 

2. Ambil selembar kulit wonton, letakkan 1 sdm adonan isian, lipat sesuai selera. Rekatkan sisi-sisi kulit wonton menggunakan air sampai rapat sehingga isian tidak keluar saat dimasak.
3. Lakukan untuk semua adonan isian.
4. Didihkan air, jika sudah mendidih kecilkan api pada level sedang. Rebus wonton sampai setengah matang  (yaitu ketika wonton sudah mulai hendak mengapung). Perebusan ini untuk menghindari air sop menjadi   keruh karena kulit wonton mentah biasanya ditaburi tepung. Jika air sop yang berwarna agak keruh bagi    anda tidak masalah, maka anda bisa memasaknya langsung kedalam air kaldu :)
5. Angkat dan sisihkan.
6. Didihkan air kaldu, beri sedikit garam atau kecap asin, merica.
7. Masukkan sayuran, masak sampai sayur setengah matang.
8. Masukan wonton. Jika wonton sudah mengapung, segera angkat.
9. Sajikan segera dengan taburan daun bawang.

Comments

Popular Posts