Strawberry Ice Cream



Summer begini selalu berlimpah dengan strawberry, apalagi produk lokal : svenska jordgubbar..manis dan warnanya merah darah, sangat mengiurkan. 

Beli banyak sekali karena diobral...kesempatan saya borong 6 kotak @250 gr. Hasilnya dibuat popsicle, pie, cake dan es krim.

Es krim ini makyus sekali, saya pake resep dari Food.com, Pada resep ini telurnya mentah dan saya khawatir batita dan balita saya dirumah yg doyan es krim jika mengkonsumsi telur mentah, makanya saya rubah sedikit : telurnya setelah dikocok dan dicampur susu, saya masak menggunakan api kecil, ketika sudah mendidih, saya dinginkan di lemari es lk. 4 jam sebelum saya proses lanjut.

Oh ya, sebelum menyiapkan bahan, jika baru beli ice cream maker,s ebaiknya dibaca dulu dengan teliti petunjuk pemakaiannya karena butuh waktu untuk menyiapkannya. Seperti punya saya, mangkoknya harus didinginkan terlebih dahulu difreezer selama 24 jam. Nah, persiapannya bearti dari sehari sebelumnya.

Selamat mencoba :)

Bahan
1 paket strawberry segar (250 gr), cuci bersih
1,5 cup gula pasir butiran halus (cup kecil lk. 120 gr)
1 sdm air perasan jeruk lemon
2 butir telur
1 cup susu 
2 cup whipped cream
1 sdt vanili ekstrak

Alat
Ice cream maker

Cara Membuat
1. Kocok telur bersama 1/2 cup gula pasir sampai berbusa dan berwarna putih.
2. Tuang susu perlaham sembari diadul sampai rata.
3. Didihkan menggunakan api kecil sembari terus diaduk untuk menjaga telur tidak menggumpal.
4. Jika sudah mendidih, angkat dan dinginkan di lemari pendingin.
5. Sementara itu, masukkan strawberry, sisa gula, air perasan jeruk lemon kedalam blender. Blender (silahkan kalo mau sampai benar2 halus, saya blender agak kasar sehingga masih ada potongan kecil strawberry).
6. Masukkan blenderan strawberry ke dalam lemari es sampai benar-benar dingin (lk. 4 jam).
7.  Jika semua bahan sudah dalam keadaan dingin, campur bahan telur, vanili dan strawberry sampai rata.
8. Tuang whipped cream sedikit demi sedikit sembari diaduk rata.
9. Masukkan kedalam ice cream maker.
10. Selanjutnya ikuti petunjuk sesuai dengan jenis ice cream maker anda di rumah.
11. Jika sudah jadi, bisa langsung dinikmati atau masukan ke freezer jika untuk disantap nanti.

Comments

Popular Posts