Tape Singkong



Sudah lama kepengen bikin cake atau jajan pasar khas Indonesia yang berbahan dasar dari tape singkong. Tapi apa daya gak ada yang jual tape disini. Hingga akhirnya menemukan sebuah olshop yang menjual ragi tape...gak mikir panjang saya langsung order dan sejak hari itu penganan apem dan kue mangkok sudah menari-nari dibenakku. Aq suka banget apem dan kue mangkok :D. Sebetulnya bisa bikin kedua penganan ini dengan menggunakan Baking Powder, tapi menurutku rasanya gak seenak jika menggunakan tape singkong. 

Untuk edisi perdana, saya hanya membuat dalam porsi sedikit saja, 1 kilo singkong dan 250 gram ketan hitam. Tape singkong sukses setelah dua hari hasilnya lembut dan manis. Tapi sayang, tape ketan hitam kurang sukses. Sengaja saya bereksperimen cara membuat kedua jenis tape ini dengan sedikit berbeda dari wadah yang saya gunakan. Tape singkong, setelah diragi, saya tempatkan dimangkok berbahan kaca/gelas yang lalu saya tutup rapat menggunakan plastikfolie. Sedangkan tape ketan hitam, saya masukkan kedalam wadah plastik bertutup begitu saja. Lalu keduanya saya bungkus dengan serbet bersih dan saya tempatkan didalam lemari bagian dalam. 
Hasilnya ? Tape singkong sukses besar, sedangkan tape ketan hitam kurang sukses. Saya sebetulnya kurang yakin apa wadah ini yang menentukan keberhasilan proses fermentasi-nya atau ada hal lain ? nanti akan saya buktikan dengan membuat tape edisi kedua...:D

Tapi sepertinya memang saat proses fermentasi harus hangat, artinya tape singkong dengan wadah kaca dan sealed dg plastifolie betul2 hangat, mengingat sekarang sedang dalam musim dingin alias winter disini. Wadah tape singkong tidak sehangat wadah tape singkong, karena hanya dari plastik biasa. Mungkin hasilnya akan berbeda jika saya bungkus dengan plastik dulu ? Wallahu'alam...nanti akan saya bikin lagi dengan wadah yang berbeda. Semoga saja sukses....:)

Saat browsing cara-cara membuat tape di internet dan tanya-tanya teman, ada berbagai takaran yang berbeda yang membuat saya bingung. Saya tidak mendapatkan jawaban yang pas berapa takaran ragi yang pas. Akhirnya saya bereksperimen sendiri dan saat pembuatan, saya takar betul jumlah ragi yang harus saya gunakan. Hal ini juga akan sangat membantu saya disaat menulis resepnya diblog ini.

Sengaja saya tulis dulu cara membuat tape singkong karena ini yang sudah terbukti sukses saya buat. Tape ketan hitam menyusul, menunggu hasil percobaan kedua sukses hehe...;D

Bahan
1 kg singkong (kupas dan potong-potong serta cuci bersih, rendam untuk beberapa jam)
2 sdt ragi tape yang sudah dihaluskan
2 sdt gula bubuk

Alat yang dibutuhkan
Mangkok berbahan kaca
Plastikfolie
Kukusan

Cara Membuat
1. Kukus singkong sampai 3/4 matang, angkat dan dinginkan.
2. Jika sudah benar2 dingin, masukkan ke mangkok kaca dan taburi dengan ragi 
    dan gula halus sampai benar2 rata.



3. Tutup dengan plastikfolie


4. Bungkus mangkok dengan serbet kering dan bersih.


5. Simpan dilemari atau ditempat hangat selama 2 hari.
6. Tape sudah siap.

Comments

Popular Posts