Apem Panggang Jowo (Gluten Free)



Penuh perjuangan biar bisa memenuhi keinginan untuk bikin penganan asal jawa ini. Gimana tidak, karena bahannya menggunakan tape. Minggu lalu sudah saya cicil bikin tape. Lalu ada lagi air kelapa...jadilah akhirnya saya berburu air kelapa di asian shop, untungnya mereka punya...:D

Penganan khas jawa ini biasanya disajikan kalo ada hajatan, khususnya dimasyarakat pedesaan, pastilah apem panggang ini gak ketinggalan. 

Saya dulu semasa tinggal di Yogya, rajin berburu apem ini, karena memang salah satu penganan kesukaan saya. Masih ingat dengan si mbok yang jualan bubur gudeg, biasanya beliau juga berjualan macem-macem penganan khas jawa. Saya adalah salah satu pelanggannya, bubur jawa dan apemnya yang hangat fresh from the tungku karena beliau masak masih dg cara sangat sederhana yaitu pake tungku dan bara. Jangan ditanya antreannya panjang banget, habis sholat shubuh saya udah siap-siap mau ikut ngantri :D


Apem produksi dapur saya ini juga gak kalah enaknya dengan apem buatan si mbok yang di Yogya. Teksturnya lembut, orang jawa bilang menul-menul. Bedanya buatan saya tidak setebal buatan si mbok dulu karena saya tidak punya cetakan kue lumpur, tapi saya menggunakan wajan untuk membuat pancake. Rasanya terobati kerinduan kota Yogya dan si mbok yang jualan apem ini dulu. Manis tapi tidak terlalu manis, lembut dan gurih dengan rasa khas dari air kelapa, meski saya yakin pasti lebih gurih jika menggunakan fresh air kelapa (saya menggunakan air kelapa kalengan).

Sumber resep saya ambil dari Sajian Sedap

Bahan
275 gr tepung beras
100 gr tape singkong (haluskan)
1/2 sdm ragi instant
1/4 sdt garam
100 gr gula pasir (atau bisa juga pake gula merah sisir kalo mau warnanya kecoklatan + 2 sdm gula atau sesuai selera)
150 ml air kelapa
1 butir telur (suhu ruang)
250 ml santan kental

Cara Membuat
1. Campur tape halus, ragi instant dan gula, uleni/remas-remas sampai rata dan gula larut 
    (saya nguleninya pake tangan biar sodap :D)


2. Tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit sembari terus diuleni rata.
3. Tambahkan air kelapa sedikit demi sedikit sampai benar-benar rata dan 
    tidak ada gumpalan tepung beras lagi.



4. Tutup dengan serbet bersih dan kering, diamkan 15 menit.
5. Tambahkan telur dan uleni sampai adonan halus dan lembut.
6. Diamkan 15 menit, tutup dg serbet.
7. Masukkan santan dan garam, uleni sampai halus dan rata.
8. Tutup dg serbet dan diamkan 45 - 1 jam, sampai adonan mengembang 
    (timbul gelembung-gelembung halus dipermukaan adonan).


9. Panaskan wajan pancake atau wajan kue lumpur menggunakan api kecil/sedang.
10. Ketika wajan sudah panas, olesi dengan sedikit minyak, lalu tuang adonan sampai penuh. Tutup dan 
      Panggang sampai kecoklatan dan balik.


11. Panggang kedua sisi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
12. Sajikan segera.

Comments

Popular Posts