Tori No Kara Age (Japanese Fried Chicken)


Saya suka menyajikan ayam goreng ala orang jepang ini, selain memang rasanya enak, juga simpel dan mudah bikinnya. Biasanya saya marinate ayamnya semalaman agar bumbu benar-benar meresap sampai kedalam daging ayam. Sering juga ayam yang sudah dimarinated ini saya bekukan, sehingga kapan saja saya pengen atau anak-anak pengen makan ayam goreng, tinggal saya ambil dan diamkan sampai mencapai suhu ruang, lalu digoreng...anak-anak tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati hidangan kesukaan mereka.


Sumber resep aselinya saya mencontek dari Bubba Cookle, tapi sudah saya modifikasi karena resep asli menggunakan beberapa bahan yang tidak bisa kami konsumsi. 

Bahan

3 buah dada ayam, potong-potong kecil atau bisa juga menggunakan bagian ayam bertulang seperti sayap atau paha tapi cabut dan buang tulangnya lalu potong-potong kecil.

Minyak goreng untuk menggoreng rendam

Bumbu perendam
3 sdm kecap asin
3 siung bawang putih (press atau parut)
2 cm jahe (parut)
4 sdm jus anggur bening 
1 sdt air perasan jeruk lemon
1/2 sdt garam atau sesuai selera

Pelapis
150 gr Tepung kentang
Plastik sandwich uk. sedang 

Cara Memasak
1. Campur semua bahan perendam dan aduk rata.
2. Masukkan potongan daging ayam, aduk rata sampai ayam terlumuri dengan rata bumbu perendam.
3. Tutup rapat menggunakan plastikfolie.


4. Simapan di kulkas dan diamkan min. 3 jam atau semalaman.
5. Keluarkan dari kulkas, buka penutup dan diamkan sampai mencapai suhu ruang.
6. Sementara panaskan minyak menggunakan api sedang.
7. Masukkan tepung kentang kedalam kantong plastik, masukkan beberapa potongan ayam 
    kedalam kantong, kocok sampai ayam terlumuri tepung secara merata.




8. Goreng rendam sampai ayam matang dan berwarna coklat keemasan.
9. Angkat dan gulingkan diatas tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak.
10. Sajikan hangat.


Comments

Popular Posts