Homemade Telor Asin (Salty Eggs)


Senang sekali akhirnya kesampaian untuk mencoba membuat telur asin sendiri. Berhubung disini sulit untuk mendapatkan telur bebek, maka saya menggunakan telur ayam biasa. 

Resep membuat telur asin ini saya dapatkan dari seorang member digrup NCC yang keterampilan memasaknya sudah gak perlu diragukan lagi. Resep ini sangat simpel dan menggunakan bahan yang sangat biasa, garam, air hangat dan stoples plastik. Kebetulan saya punya toples plastik bekas bumbu india yang saya simpan...ternyata sekarang sangat membantu....:)

Takaran bahan-bahan yang digunakan sebetulnya tidak ada, karena bergantung dari jumlah air yang digunakan, pun begitu dengan jumlah telurnya. Saya menggunakan air setengah toples saja, karena kalo kebanyakan nanti khawatir ketika telur dimasukkan airnya meluap. Jumlah telur yang saya pakai disini, awalnya hanya berdasarkan batas maksimal air gak meluber keluar toples.

Bahan 
Garam
Air hangat (setengah toples)
Telur mentah (lk 12 butir)

Cara Membuat
1. Masukkan garam ke air hangat kuku, aduk rata sampai garam larut.
2. Masukan kembali 100 gr garam, aduk sampai larut.
3. Ulangi terus langkah 1 dan 2 diatas. Ketika diaduk ternyata garam sudah tidak mau larut lagi,
    maka bearti air garam siap digunakan.
4. Diamkan air garam sampai mencapai suhu ruang.
5. Masukkan ke dalam toples plastik.
6. Masukkan telur yang sudah dicuci bersih kedalam toples berisi air garam, satu persatu dengan hati-hati.
7. Tutup rapat.
8. Beri label toples, tanggal, bulan (agar nanti mudah untuk pengecekan saat telur hendak dibalik
    atau kapan siapnya)
9. Simpan ditempat yang tidak terkena sinar matahari.


10. Ketika hari ke14 atau melewati minggu kedua, balik : telur yang bagian atas ditempatkan
      dibagain bawah dan sebaliknya. Kembali tutup rapat dan simpan ditempat semula.
11. Telur asin siap dipanen setelah melewati minggu ketiga atau 21 hari.
12. Rebus menggunakan air suhu ruang selama lk. 12-20 menit atau seperti saya menggunakan
      panci listrik khusus utk merebus telur.
13. Sajikan.

Comments

Popular Posts