Kachouri (Potato balls with fish)



Menu ini berasal dari Zanzibar, biasanya disajikan untuk side dish. Ada banyak varian dinegara lainnya seperti Asia Selatan, bisa mneggunakan peas, tepung gram, dll. Tapi saya membuat ini dari kentang yang direbus lalu dihaluskan dan dicampur dengan ikan tuna (saya menggunakan tuna kaleng). 

Sangat tepat disajikan sebagai finger food buat anak-anak, apalagi anak-anak saya penggemar kentang dan ikan, ya sudah klop banget ini menu. Anak-anak makan ini sambil dicocol saus tomat. Dan saya buat untuk dua versi, satu versi pedas (saya beri cabe bubuk) untuk saya dan suami, sedangkan untuk anak-anak tanpa cabe. 

Kalo mau rasanya yang beda, bisa ditambah dengan cincangan daun ketumbar atau daun bawang...silahkan dech berkreasi. Resep asli disini minimalis sekali bumbunya, tapi saya tambahkan bawnag putih bubuk dan sedikit jahe bubuk, untuk menekan bau amis ikan, lalu takaran air jeruk lemonnya saya kurangi menjadi 1 1/2 sdm saja, biar gak terlalu asam. Saya juga menggunakan parsley kering, karena out of stok parsley segar ..:D

Bahan
4 buah kentang uk. besar (rebus, kupas dan haluskan)
2 kaleng ikan tuna (tiriskan dan hancurkan)
2 sdt garam
Parsley cincang (atau daun ketumbar)
1 sdt bawang putih bubuk (atau fresh boleh juga)
1/2 sdt jahe bubuk 
1 1/2 sdm air perasan jeruk lemon
1 sdt cabe bubuk (kalo mau boleh juga ditambah irisan cabe hijau)
Tepung panir
1-2 butir telur (kocok)
Minyak goreng untuk goreng rendam

Cara Membuat
1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.

2. Bentuk bulatan sebesar bola bekel, celupkan kedalam telur, lalu gulingkan ke tepung panir 
    sampai terlumuri secara merata.
3. Lakukan sampai adonan habis.


4. Diamkan dikulkas selama lk. 1 jam (agar sedikit mengeras)
5. Goreng rendam sampai berwarna kuning keemasan.

6. Angkat dan gulingkan diatas tissue dapur (untuk menyerap kelebihan minyak)
7. Sajikan hangat.



Comments

Popular Posts