Ayam Betutu





Waktu liburan ke Bali awal tahun ini, sempat mencicipi ayam betutu Gilimanuk..wow rasanya sungguh bikin ketagihan, dengan pedas mengigit khas masakan Bali, betul-betul saya dan suami jatuh cinta dengan menu ini. 

Sekarang berhubung sulit mendapatkan masakan satu ini disini, siapa yang jual ? saya mencoba bikin sendiri dengan segala keterbatasan bumbu, meski mungkin gak sama persis dengan aslinya tapi paling tidak tetep enak dinikmati kami sekeluarga disini dan mendekati rasa aslinya. 

Resep saya adaptasi dari sini. Saya gak punya kencur jadinya diskip, pun begitu juga daun singkong sebagai bahan isian, saya skip. Sebetulnya ada jenis sayuran disini yang tekstur dan rasanya mendekati daun singkong yaitu daun kalle namanya, sayangnya sulit mendapatkan sayuran ini dimusim panas, karena jenis sayuran yang banyak tersedia dipasaran saat musim dingin.
Sehingga, saya inisiatif saya beri isian irisan wortel yang cukup tebal, dilumuri bumbu terlebih dahulu. Dikukus sebentar...lalu dipanggang dengan suhu sedang selama lk. 2 jam.

Berhubung saya membungkus ayam menggunakan aluminium foil, maka untuk mendapatkan hasil akhir yang kering, setelah ayam dipanggang 2 jam, aluminium foil saya buka, kembali ayam dipanggang sampai kering lk. 30 menit. Mungkin kalo menggunakan daun untuk pembungkusnya, bisa lebih mudah dan praktis serta harum daunnya. 

Bahan
  • 50 ml minyak sayur
  • 1 ekor ayam
  • Aluminium foil
Bumbu (haluskan)
  • 2 sdt cabe bubuk
  • 6 cabai rawit
  • 1 bh bawang merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt merica bubuk
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 2 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 3 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Isian
2 buah wortel ukuran besar, iris tebal seperti untuk steak.

Cara Membuat 
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat.


2. Bersihkan ayam dan lumuri bagian dalamnya dengan bumbu,
    lalu masukkan irisan wortel yang telah dilumuri bumbu.. 


3. Lumuri badan ayam, bawah kulit ayam dengan bumbu secara merata.



6. Bungkus ayam dengan aluminium. Taruh dalam pinggan tahan panas.


7. Kukus selama 30 menit. Angkat. 



8. Panggang dalam oven panas 150 -160 C selama 2 jam.
9. Ambil ayam, dan ambil air/juice yang keluar selama ayam dipanggang dan sisihkan bisa 
    digunakan untuk kuah saat makan atau bisa juga disiramkan keayam saat hendak disajikan.



10. Buka bungkus aluminium foil. Panggang kembali sampai kering lk.30 menit.
11. Angkat, sajikan hangat.


Comments

Popular Posts