Garlic Cheesy Baguette



Putri saya pencinta keju, sampe-sampe keju dijadikan cemilan sehari-hari dan tentu saya harus selalu stok keju dikulkas, tidak hanya satu jenis tapi banyak jenis, dari mulai yang keras/tua sampa cream cheese. Beruntung keju disini bisa didapat dengan mudah dan murah serta dengan berbagai jenis.

Pernah melihat disebuah website, kentang yang diiris-iris lalu diselipkan keju diantara irisan kentang tersebut dan dipanggang, hmmm....kelihatan sangat menggoda. Kebetulan beberapa hari lalu blog walking, ketemu blog yang sangat bagus menyajikan step by step membuat roti baguette yang pas banget dengan keinginan saya. Awalnya kefikiran untuk membeli roti baguette yang siap pakai, lalu saya tinggal memberi isi keju, tapi kok rasanya kurang sreg dengan rasa dan teksturnya, lagipula saya fikir nanti saya malah gak belajar bagaimana membuat roti yang difoto blog ini renyah dan fresh (baquette cenderung alot dan agak keras, shgg cocok untuk membuat semacam bagelen atau garlic bread).

Pada resep asli menggunakan garlic butter dan saya punyanya butter biasa, tapi saya tidak kehilangan akal, saya masukkan bawang putih bubuk keadonan roti dan untuk pengoles, saya cairkan mentega terlebih dahulu, baru saya tambahkan bawang putih bubuk dan oregano kering (bisa juga menggunakan basilika kering jika suka, rasanya gak akan terlalu beda).

Mari kita lihat bagaimana cara saya membuat garlic bread baguette ini :)

Resep diadaptasi dari : disini

Bahan
1,5 cup air hangat kuku (37 C)
1 paket ragi instant
1 sdm madu
3 cup tepung (+1/4 cup untuk menguleni)
1 sdt garam
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt oregano kering
1/2 cup mentega 
Keju tua (iris-iris)


Cara Membuat
1. Dalam mangkok kecil : campur air hangat, madu dan ragi instant, aduk rata. 
    Lalu tutup dengan plastik film atau serbet bersih dan kering. 
    Diamkan lk 5 menit atau sampai mengembang dan berbusa.



2. Dalam Mangkok mixer atau Food Processor : campur tepung, garam, 
    bawang putih bubuk, aduk rata atau nyalakan FP beberapa detik untuk mencampur bahan. 


3. Tambahkan adonan ragi, uleni sampai benar-benar kalis.


4. Bentuk bulatan dan letakkan pada mangkok besar yang sudah diolesi minyak.
    Tutup menggunakan plastik fil atau serbet kering dan bersih. 
    Diamkan ditempat hangat lk 1 jam atau sampai volumenya dobel.






5. Jika sudah, kempeskan dan bagi menjadi dua bulatan. Plintir memanjang
    (yang rapi dan rata ya? jangan kayak saya :P). 

    Letakkan dibaking tray yang sudah dialasi baking paper.


6. Tutup dengan serbet bersih dan kering atau plastic film. Letakkan ditempat hangat 
    dan diamkan sampai ukurannya dobel lk. 30-45 menit.



7. Sementara itu : cairkan mentega lalu tambahkan bawang putih bubuk dan oregano kering, aduk rata.




8. Panaskan oven pada suhu 200 C.
9. Jika adonan sudah mengembang, panggang sampai matang dan berwarna kuning (lk. 20-25 menit). 
    Tapi jangan terlalu coklat karena nanti akan dipanggang lagi....


10. Ambil dari oven, olesi permukaan roti dengan mentega cair yang sudah dicampur bawang putih 
      dan oregano, diamkan beberapa menit.

 

 11. Iris-iris roti melintang menggunakan pisau roti, olesi sela irisan dengan mentega cair.



 12. Selipkan irisan keju didalam irisan roti.



13. Panggang lagi sampai keju meleleh (lk. 5 menit)


14. Angkat dan sajikan hangat.



Comments

Popular Posts