Aloo Spinat/Palak (Kari Kentang dan Spinat)



Saya suka banget spinat, karena inilah sayuran hijau yang saya suka, yang dapat saya peroleh dengan mudah di groceries store disini. Hapir tersedia sepanjang musim. Biasanya saya masak ala Indoensia spinat terasi pedas dan ala India/Pakistan yaitu Allo Palak ini. 

Di negara asalnya, orang-orang sana memasaknya dengan diblender dan rata-rata overcook. Warnanya sudah berubah, sudah tidak hijau lagi, sehingga kandungan vitaminnya jelas sudah habis. 

Palak versi saya ini, tentu selain saya jaga betul agar tidak over cook, juga saya tidak terlalu suka dihancurkan/diblender, saya biarkan utuh karena nanti setelah dimasak juga akan sangat lembut dan gampang nguyahnya hehehe.....beda kalo memang untuk pesto misalnya, ya kudu diblender. Tapi ini lain lagi ceritanya.

Teknik memasaknya juga tidak saya rebus terlebih dahulu kentangnya, tapi saya masak dengan bumbu semuanya menggunakan api kecil, sehingga bumbu meresap kedalam kentang. Setelah kentang masak, baru saya masukkan spinatnya dan dimasak hanya 1-2 menit saja hanya setengah matang saja sayurannya.

Mari kita lihat bagaimana cara memasaknya :)

Bahan
400 gram spinat (saya pake yang frozen, defrost terlebih dahulu dg didiamkan pada suhu ruang sampai 
                    tidak beku lagi) atau bisa juga gunakan yang fresh, cuci bersih dengan air mengalir lalu tiriskan).
5 buah kentang uk. sedang (kupas dan potong-potong).
2 buah abwang bombay uk. besar (cincang halus atau masukkan FP)
3 siung bawang putih (parut)
1 sdt jahe parut
1/2 sdt jintan bulat (jeera)
1/2 sdt jintan bubuk
1 sdt garam masala
2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt cabe bubuk atau sesuai selera
1/3 sdt kunyit bubuk
1 sdm mentega
2 sdm minyak goreng/zaitun
1 sdm cream (optional)
2 sdm garam atau sesuai selera
2 sdm tomat halus

Cara Memasak
1. Panaskan minyak dan mentega diwajan 
2. Jika sudah benar2 panas, masukkan jintan bulat. Masak sampai bunyi mendesis berhenti
3. Masukkan bawang bombay, goreng sampai berwarna kuning keemasan


4. Masukkan jahe dan bawang putih parut, aduk rata. Goreng sampai berbau wangi.
5. Masukkan sisa bumbu lainnya, aduk rata. Tumis untuk lk 2 menit.
6. Masukkan kentang, aduk rata. Masukkan air mendidih sampai kentang hampir tenggelam.


7. Tutup rapat panci dan kecilkan api pada level rendah atau sedang.


8. Jika sudah empuk kentangnya, masukkan spinat, aduk rata. Tambahkan air sedikit jika terlalu kering.


9. Masak untuk 1 menit, aduk rata.
10. Angkat dan sajikan hangat.


Comments

Popular Posts