Tuna masak ala Spannish (Spannish Tuna Stew)




Masakan ini saya adaptasi dari resep seorang teman Spannish. Simpel tapi enak. Lagipula masakan ini bisa memenuhi semua selera di rumah, suami dan balita saya......ngirit energi mama hehe....

Oh ya, saya menggunakan paprika hijau sebagai pengganti cabe hijau karena saya punya anak kecil dirumah yang belum bisa makan pedes, jadinya saya pakein paprika aja, sekalian biar ada sayurannya. Kalau misalnya pengen pedas, silahkan gunakan cabe hijau 'beneran' ;D

Bahan
1 kaleng ikan tuna (atau menggunakan ikan tuna segar, buang tulang dan kulit, potong kotak)
1 buah bawang bombay uk. sedang (cincang)
1 siung bawang putih + 1 siung bawang putih (press)
5 buah kentang uk. sedang (kupas dan potong-potong)
1 buah tomat masak, potong-potong
3 sdm minyak zaitun
2 lembar bay leaf (daun salam)
4 cup kaldu ikan (air matang biasa)
Garam
2 batang parsley
3 buah cabe hijau (buang biji dan iris-iris halus)


Cara Memasak
1. Panaskan minyak zaitun dengan api sedang
2. Masukkan bawang bombay, cabe dan 1 siung bawang putih, goreng sampai berbau harum dan
    bawang bombay lembek
3. Masukkan tomat, masak sampai tomat lembut (lk. 5 menit)
4. Angkat dan masukkan ke blender/food processor bersama parsley, garam dan 1 siung bawang putih.
    Haluskan.


5. Masukan ke panci bersama kaldu/air, kentang dan bay leaf. Tutup dan masak dengan api rendah sampai
    kentang matang (lk. 20-25 menit)



6. Masukkan ikan dan paprika. Masak lk. 5 menit
7. Angkat dan sajikan hangat.




Comments

Popular Posts